Popular Post

Posted by : Cahya Jumat, 17 April 2015

LG kembali menggelontorkan ponsel QWERTY terbarunya yakni LG C100. Sepintas, tak ada perbedaan mencolok dari seri sebelumnya: GW300 atau GW305. Tapi pastinya, vendor Korea ini gak mau kehilangan momen demam ponsel ala smartphone yang didominasi merk lokal.
Di rentang harga yang sama, vendor asal Thailand: i-mobile pun ikut meramaikan segmen ini dengan gacoannya i-mobile IE 3250. Iming-iming harga murah serta sokongan fitur online, lagi-lagi jadi sales point yang ditawarkan. Yang penting, konsumen bisa nampang terus di jejaring sosial tanpa menguras kocek.
Display
Keduanya menerapkan konsep candybar, dengan struktur keypad penuh alias full QWERTY di bagian depan. i-mobile IE 3250 memiliki bodi sedikit lebih bongsor dibanding LG C100. Tekstur disainnya tergolong standar, tanpa lekukan khusus. Bandingkan dengan LG C100 yang tampak manis, dengan bodi yang ergonomis.
i-mobile IE 3250             LG C100
Display Imobile Ok
Display Lg100 Ok
Penggunaan bahan cover juga sangat bertolak belakang. i-mobile IE 3250 terlihat sangat lokal dengan casing plastik apa adanya. Sedangkan LG tampil mewah lewat cover glossi merah-hitam.
Untuk area layar, i-mobile IE 3250 mengungguli LG C100. Ya, diagonal LCD-nya adalah 2.8 inci dengan resolusi layar 320x240 piksel. Sementara LG hanya 2.2 inci, dengan ukuran kerapatan di 176x144 piksel. Soal kejernihan layar, keduanya berimbang. Karena sudah menanamkan matriks aktif 262k warna.
Lebarnya ukuran layar di i-mobile, ternyata berimbas negatif buat keypad. Formasinya jadi menyempit, dengan tombol mungil dan rapat. Saat diraba, strukturnya terasa goyah dan kurang enak untuk digunakan mengetik. Beda halnya LG C10, meski tergolong kecil tapi cukup kompak dan nyaman saat ditekan.
Di bagian D-pad, kedua ponsel menerapkan model standar empat arah yang dilengkapi beberapa shortcut penting. Sayang, tombol tengah (OK) di i-mobile justru tidak berfungsi layaknya milik LG. Jadi, untuk mengeksekusi pilihan menu harus menggunakan left soft key.
Menariknya di i-mobile, tersedia tombol pilihan kartu SIM, sesuai kemampuan Dual On yang disandangnya. Ada juga tombol cepat ke fitur TV Tunner dan kamera.
Menelusup ke dalam. LG C100, menerapkan karakter interface khas vendor Korea yang cukup interaktif. Ikon menunya bisa diatur standar atau model kartun. Selain itu, mode tampilan menunya pun disediakan 2 pilihan: List atau Grid. Bandingkan dengan milik i-mobile yang terkesan boros. Ikon menu grid-nya besar-besar, dengan karakter khas ponsel lokal. Tapi cukup nyaman buat penderita kelainan pada penglihatan (mata).
Keunikan LG C100 di sisi interface adalah menu shortcut toolbar. Modelnya sih identik dengan tampilan menu today-nya Nokia.

Koneksi & Layanan Online
Sesuai dengan peruntukannya sebagai ponsel messaging dan online, tentunya fasilitas social networking terakomodasi dengan baik di kedua ponsel. LG C100 menyediakan link akses ke versi mobile Facebook dan Twitter, yang ikon menunya bisa langsung diakses dari layar utama. Sayang, Di i-mobile IE 3250 tak tersedia ikon shortcut Facebook maupun Twitter. Gantinya, IE 3250 menyediakan aplikasi Snaptu. Dari sini, kita bisa mengakses Facebook, Twitter, Flickr, Picasa serta mencari beragam informasi penting di dunia maya.
i-mobile IE 3250             LG C100
Menu Online Imobile
Menu Online Lg100
Selain jejaring sosial, keduanya juga menyediakan aplikasi chatting. Di LG C100 ada widget aplikasi MSN Messenger. Sementara i-mobile IE 3250 punya eBuddy, MSN Messenger dan Skype.
Buat keperluan ini, kedua ponsel hanya dibekali network EDGE class 10. Lumayan lah untuk sekadar menelusuri situs-situs berbasis WAP. Saat dicoba, performanya pun cukup handal. Soal tampilan, tentu saja standar browser wap 2.0.
Untuk berbagi file, baik LG C100 maupun i-mobile IE 3250 sudah menyediakan Bluetooth dan kabel data. miniUSB untuk i-mobile, dan microUSB LG C100. Di sisi kemampuan, Bluetooth keduanya sudah mendukung profile A2DP, sedangkan kabel datanya menyediakan pilihan PC Suite dan mass storage.

Multimedia
Kamera

Sektor ini, i-mobile IE 3250 unggul dibanding LG C100. Pasalnya, resolusi kamera yang di tanamkan ke bodi IE 3250 sudah berkekuatan 2MP. Sedangkan LG C100 masih 1,3MP. Selain itu, kamera i-mobile juga dibekali LED flash untuk aksi bidik di tempat kurang cahaya.
i-mobile IE 3250
Kamera Imobile Out Ok
Kamera Imobile In Ok
LG C100
Kamera Lg100 Out
Kamera Lg100 In
Untuk pengaturan tambahan, menu-menu yang dimiliki keduanya tergolong identik. Mulai dari pengaturan white balance, night mode, self timer, shot mode, effect hingga image size. Khusus untuk shot mode, IE 3250 menawarkan 4 pilihan yakni normal, best shot, continue shot dan add frame. Sementara LG C100 hanya 2 mode (normal dan Burst shot).
Soal kualitas capture, nyatanya kedua ponsel sebanding. Masih terlihat kurang pas, dan tetap banyak dihiasi noise. Menariknya, model pengambilan gambar kamera i-mobile menerapkan mode landscape. Hal ini disesuaikan dengan ukuran layar, yang menjadikan mode ini terasa lebih nyaman. Hasil foto bisa dilihat pada gambar berikut.
Tak hanya foto, kamera kedua ponsel juga bisa dijadikan camcorder loh. Resolusi gambar maksimalnya adalah QCIF @15 fps dalam format 3gp.
Audio/Video Player
Sejatinya, interface serta performa keseluruhan media player di kedua ponsel tercatat sama-sama tangguh. Kemampuan sorting dan pengkategorian file pun cukup baik. Kita bisa memilih audio berdasarkan artis, album dan genre bahkan berdasarkan pengaturan playlist.
i-mobile IE 3250          LG C100
Audio Imobile
Audio Lg100
Begitu pula untuk output, keduanya pun sepadan. Speaker bawaan LG maupun i-mobile bisa menyemburkan suara yang cukup nendang.
Radio FM
Ini adalah hiburan ekstra yang diberikan kedua ponsel. Kemampuannya sih standar saja. Namun, radio i-mobile IE 3250 sudah dilengkapi antenna internal. Jadi, tak perlu mencolokan headset layaknya di LG C100 jika ingin mengoperasikannya. Satu lagi, radio di i-mobile IE 3250 juga telah dilengkapi kemampuan merekam siaran (Record). Serta bisa dijadwalkan kapan waktunya untuk merekam (schedule FM record).
i-mobile IE 3250   LG C100
Radiofm Imobile
Radiofm Lgc100
TV Tunner
Fasilitas ini hanya dimiliki oleh i-mobile IE 3250. Chipset-nya merupakan bikinan Telegent System. Daya tangkap frekuensi televisi-nya cukup baik, apalagi disediakan pula antenna internal. Menariknya, TV IE 3250 sudah dilengkapi kemampuan merekam siaran televisi (TV Record).
i-mobile IE 3250
Tv Tunner Imobile
Fasilitas lain
i-mobile IE 3250 punya tambahan fitur unggulan yakni kemampuan Dual On GSM. Hal ini, ditandai dengan ketersediannya dua slot kartu SIM di bagian dalam. Seperti kebanyakan ponsel jenis ini, kita tetap bisa mengatur kedua slot SIM card ini dengan mudah. Mau diaktifkan keduanya, atau hanya satu saja.
i-mobile IE 3250       LG C100
Fitur Lain Imobile
Fitur Lain Lgc100
Selain itu ada juga E-book reader, Photo editor, i-link (i-news, i-music, i-galery, i-game, i-sport, i-cartoon, i-movie, i-horo, misc.), Voice message, SMS Chat dan Torch (lampu senter). Buat keamanan, i-mobile juga punya Privat menu, Blacklist dan Mobile Tracker.
Di LG C100 ada Secret notes, Date finder, Power save, Anti-theft mobile tracker dan Lock if SIM is changed. Termasuk kemampuan merekam percakapan telepon (call record), yang juga ada di i-mobile IE 3250.

Kesimpulan
Sejatinya, tak ada yang spesial di kedua ponsel. Semua mengerucut pada pilihan yang lebih variatif buat pemburu ponsel QWERTY murah, yang penting bisa untuk eksis di dunia maya. Fasilitas yang ditawarkan pun tak jauh beda dengan ponsel online di segmen low end kebanyakan. Mulai link shortcut ke versi mobile Facebook, Twitter serta tambahan beberapa aplikasi chatting. Hanya saja, i-mobile dan LG cukup jeli mengambil peluang ini.
Dengan sedikit polesan di interface, kedua produk ini jadi lebih menarik. Sebagai tambahan, i-mobile IE 3250 menyisipkan fitur TV Tunner dan juga kemampuan Dual On GSM yang membuat LG C100 agak kerepotan untuk bersaing.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 私のブロガーへの歓迎 - Date A Live - Powered by Blogger